AC Standart, AC Low Watt atau AC Inverter. Bagus yang mana?

AC Standart, AC Low Watt 

atau AC Inverter 

Bagus yang mana?


Anda ingin membeli AC tetapi bingung ketika diberi pilihan AC Standart, Low Watt atau AC Inverter, kira-kira bagus yang mana?, pada kesempatan kali ini kami dari Duta teknik Semarang akan membahas ketiga jenis AC tersebut dengan harapan anda akan memahami perbedaan, kelebihan maupun kekurangan dari ketiga jenis ac tersebut.

AC Low Watt - memiliki cara kerja yang sama dengan ac standart, namun perbedaannya terletak pada jenis kompresornya yang menggunakan daya listrik yang lebih kecil. Namun untuk mencapai kemampuan yang sepadan ac low watt memperkuat kipas angin pada Outdoor unit agar tercapai kinerja yang lebih maksimal.

Secara umum ac low watt memiliki harga yang lebih mahal dengan ac standart tetapi  dalam penggunaan listrik ac low watt lebih efisien sehingga biaya bulanan listrik anda akan lebih murah , dapat mencapai 20-30 % pengurangan tagihan listrik perbulannya.

Tipe ac low watt juga ramah digunakan untuk rumah yang memiliki daya listrik yang terbilang kecil, sebagai contoh  ac low watt 1 PK menggunakan daya listrik hanya 690W dapat dibandingkan dengan 900W yang diperlukan untuk ac standart 1PK.

Kekurangan pada ac low watt hanya pada proses pendinginan ruangan yang lebih lambat dibandingkan dengan ac standart, karena ac low watt menggunakan tenaga yang paling sedikit dibangkan dengan jenis ac yang lain.

AC inverter - merupakan AC dengan kasta tertinggi untuk saat ini, teknologi yang dimiliki ac inverter dapat membuat kompresor ac hanya bekerja menyesuaikan kebutuhan suhu ruangan yang diinginkan.

Sebagai contoh apabila anda menyetel suhu ac ke angka 23 pada remot ac inverter maka pada awal dinyalakan ac inverter akan bekerja dengan sangat keras untuk mendinginkan ruangan. namun listik yang diginakan saat awal-awal (starting) akan lebih tinggi dari ac standart. Pada saat suhu ruangan sudah mencapai 23 sesuai dengan remot ac, maka kompresor pada ac inverter akan bekerja seminimal mungkin (mengurangi penggunaan daya listrik).

Kekurangan pada AC inverter ini akan terus bekerja untuk memastikan suhu ruangan sesuai dengan setelan remot ac inverter. Hal ini akan membuat ac inverter tidak cocok untuk ruangan yang kurang rapat maupun pintunya kerap dibuka tutup atau banyak orang yang keluar masuk.

AC Inverter juga tidak cocok untuk penggunaan yang sebentar karena penggunaan daya listrik awal (starting) amat tinggi sehingga tidak efisien pada penggunaan daya listrik.

Tabel kekurangan & kelebihan 

Keterangan
AC Standart
AC Low Watt
AC inverter
Waktu yang dibutuhkan untuk mendinginkan ruangan
Satandart
Paling lama
Paling cepat, menggunakan daya listrik awal yang paling besar untuk membuat ruangan menjadi dingin.
Penggunaan daya listrik awal
tinggi
Paling rendah dari ac standart
Paling tinggi, penggunaan daya listrik akan menurun pada ruangan yang sudah dingin.
Efisiensi penggunaan daya listrik
Standart
Lebih efisien dari ac standart
Lebih efisien dari ac low watt dengan catatan penggunaan yang tepat, penggunaan pada ruang yang salah akan membuat ac inverter menjadi tidak efisien.
Jenis Freon yang digunakan
R22 / R32
R22 / R32
R410A, lebih mahal dari R22 / R32
Harga
Paling murah
Diantara ac standart dan Inverter
Paling mahal
Sekenario Ruangan yang cocok

          Cocok untuk rumah dengan daya listrik yang rendah

          Cocok untuk ruangan dengan pintu yang sering dibuka tutup atau orang keluar masuk.

          Cocok untuk penggunaan yang tidak begitu lama (2-3 jam)

          Ac yang ideal untuk kantor, Restaurant, warnet, ruang tamu.

          Tidak cocok untuk rumah dengan daya listrik yang rendah, karena untuk tarikan daya listrik awal tidak akan kuat.

·        Cocok untuk kamar tidur yang jarang dibuka tutup, maka temperature udara bisa terjaga dan konstan selama berjam – jam sehingga penggunaan daya listrik menjadi efisien.

          Ac yang ideal untuk kamar tidur, gudang obat, ruang panel listrik.



Nah,kira-kira mau beli jenis ac yang mana nih?
Standart, low watt, atau inverter guys? hehehe

Sekian Tips dan trik yang kami bagikan, besar harapan bagi kami semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Terima kasih


Belum ada Komentar untuk "AC Standart, AC Low Watt atau AC Inverter. Bagus yang mana?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel